Best Quote from APP

"senang atau ga senang,itu hanya permainan perasaan yg qt bntuk sendiri dr rasa mengasihani diri sndiri..kalau qt bisa menyikapinya dengan baik..everything will be so fine"

5/16/2010 01:40:00 AM

West Nile Virus

West Niles Virus Pada Kuda

A.Pengenalan
Virus West Nile adalah penyakit yang ditularkan melalui nyamuk yang menyebabkan radang atau pembengkakan otak dan sumsum tulang belakang. Wabah WNV telah terjadi di Mesir, Asia, Israel, Afrika, dan beberapa bagian Eropa dan Australia. Virus ini pertama ditemukan di AS pada musim gugur tahun 1999 di New York City, dan sejak itu menyebar ke selatan dan negara bagian midwest, termasuk Michigan.
West Nile Virus, virus nyamuk, terdeteksi untuk pertama kalinya di Amerika Serikat pada bulan Agustus 1999. Virus ini dapat menyebabkan ensefalitis, yang dicirikan dengan peradangan otak dan tulang belakang kabel. Pertamakali meledak di Amerika Serikat terjadi di New York City metropolitan area, di mana 62 orang yang didiagnosis dengan penyakit ini. Tujuh dari orang-orang mati. Infeksi itu juga didiagnosis awalnya di beberapa keturunan kuda, berbagai jenis burung kebun binatang, dan berbagai asli spesies burung, terutama burung gagak. Pada bulan Oktober 1999, total 25 kuda, semua dari Long Island, New York, telah dipastikan mengalami tanda-tanda WNV,Kasus pertama dikonfirmasi WNV terjadi pada Pennsylvania dilaporkan pada bulan Oktober 2000. Sejak itu, pendeteksian positif dalam kuda telah dilakukan di sebagian besar negara di seluruh daratan Amerika Serikat dan provinsi di Kanada. Kuda mungkin terkena WNVdan tidak menunjukkan tanda-tanda, tetapi dari mereka yang terinfeksi dan kemudian menjadi sakit sekitar 35 persen mati atau eutanasia. Dengan terus berlanjut ancaman kesehatan kuda, yang sedang berlangsung penelitian untuk mempelajari lebih lanjut tentang penyakit dan mengembangkan pencegahan dan pengendalian yang efektif, menjadi bahkan lebih penting.


B.Etiologi
Virus West Nile adalah arbovirus dalam genus Flavivirus dari keluarga Flaviviridae. Virus ini milik kompleks virus ensefalitis Jepang atau serogrup. Setidaknya ada dua garis keturunan genetik virus Nil Barat. Silsilah 1 virus, yang menyebabkan wabah paling baru, dapat dibagi menjadi tiga clades (1a, 1b dan 1c). Silsilah 1 berisi virus virulen dan dilemahkan. Banyak virus virulen dalam wabah terbaru milik clade 1a, yang tersebar luas. Ketegangan yang memasuki negara Amerika pada tahun 1999, disebut NY99, tampaknya terkait dengan garis keturunan 1a virus yang ditemukan di Israel 1997-2000, dan merupakan salah satu strain yang paling virulen. Sebuah varian dari virus ini, yang disebut WN02, baru-baru ini menjadi strain yang dominan di AS dan Kanada, dan NY99 tampaknya telah menghilang. A strain beberapa dilemahkan WNV telah diisolasi di Amerika sejak 2003. Clade 1b terdiri dari virus Kunjin, sebuah subtipe dari WNV ditemukan di Australia, dan 1c clade mengandung virus yang ditemukan di India. Lineage 2 virus, yang terutama terjadi di Afrika, sering menyebabkan infeksi tanpa gejala atau penyakit ringan. Virulen garis keturunan 2 virus juga ada. Satu garis keturunan 2 virus telah menyebabkan ensefalitis pada elang di Eropa Tengah. Baru isolat dari Republik Ceko, Rusia dan Malaysia mungkin merupakan garis keturunan baru WNV. Beberapa penelitian terbaru menyatakan bahwa virus ini dapat diklasifikasikan ke dalam sebanyak lima garis keturunan. WNV dianggap endemik di banyak negara Afrika, Asia, Eropa selatan, dan Amerika Utara. Epidemi muncul dalam populasi manusia pada interval jarang di beberapa negara ini, dan ada bukti untuk transmisi virus antara Afrika dan Eropa dengan migrasi burung. Kebanyakan wabah telah terjadi dari pertengahan bulan Juli sampai Oktober ketika malam dingin mengurangi aktivitas vektor nyamuk, terutama Culex spp. Angsa adalah penghuni alam hanya dikenal dari WNV antara spesies unggas domestik. Sebagian besar dari kambing yang terkena wabah di Israel 5-9 minggu tua, tetapi Angsa semuda 3 minggu dan setua 11 minggu juga terpengaruh. Dewasa pemuliaan ternak secara klinis tidak terpengaruh tetapi virus antibodi penetralan ditemukan. Mortalitas itik Muscovy muda tapi tidak muda atau ayam kalkun poults diinduksi eksperimental dengan WNV isolat.
C.Patogenesa


Siklus dimulai dengan unggas yang terinfeksi, yang bisa menempuh jarak jauh dalam jangka pendek jumlah waktu . Ketika nyamuk menggigit burung yang membawa WNV, juga menjadi terinfeksi. Nyamuk kemudian feed pada lain burung, kuda, mamalia manusia atau lainnya. Setelah kuda digigit, mungkin diperlukan hanya 3 sampai 15 hari untuk tanda-tanda WNV muncul. Tidak ada bukti menunjukkan bahwa kuda dapat mengirimkan West Nile virus untuk kuda lain, burung, atau manusia.Bahkan, ada bukti bahwa virus dapat ditemukan dalam kuda itu aliran darah hanya beberapa hari selama terinfeksi. Meskipun fakta ini, orang harus berhati-hati saat memegang darah, tulang belakang cairan, atau jaringan dari hewan tersangka, karena ini mungkin berisi virus.


D.Gejala Klinis
Virus West Nile dapat mempengaruhi saraf pusat sistem dan menyebabkan ensefalitis. tanda-tanda klinis dapat meliputi satu atau lebih hal berikut: kelemahan (belakang end end, front, atau keduanya, ditandai dengan jatuh ke lutut atau kesulitan dalam sisa berdiri), ataksia (ketiadaan koordinasi), berkedut otot atau tremor, mengubah keadaan mental (mengantuk atau agresif, berputar-putar, atau kios-berjalan), hipersensitivitas terhadap sentuhan atau suara, cataplexy atau narkolepsi, kejang, kebutaan, defisit saraf kranial (kelumpuhan wajah, kelemahan lidah, kesulitan menelan), penyerahan diri, dan demam.
Kuda dengan tanda-tanda klinis yang parah bisa mati sebagai akibatnya infeksi atau eutanasia karena komplikasi. Data arus menunjukkan bahwa Angka kematian pada kuda klinis terpengaruh adalah sekitar 35 persen dan bahkan lebih tinggi pada kuda terbaring lemah. Risiko infeksi, dan kematian tampak meningkat dengan meningkatnya umur. Penelitian menunjukkan kuda tua yang menurun titer antibodi
karena kuda lebih dari sepuluh tahun usia cenderung memiliki usia untuk menetralisir penurunan tergantung tanggapan antibodi setelah vaksinasi. Hal ini penting untuk tidak menganggap bahwa kuda dengan tanda-tanda klinis ensefalitis memiliki WNV.
E.Diagnosa dan Diagnosa Banding
Diagnosis Banding
Rabies, botulisme, myeloencephalitis protozoa kuda (EPM), dan Timur (EEE), Western (Wee), dan
Venezuela (vee) ensefalitis kuda adalah contoh penyakit lain dengan tanda-tanda neurologis yang mungkin menjadi bingung dengan WNV.
Diagnosis ensefalitis West Nile dapat dibuat dengan
tes darah dari kuda yang terinfeksi. Menentukan jumlah aktual dari kuda terkena Barat
virus Nil sulit karena beberapa kuda terkena virus mungkin tidak menunjukkan tanda-tanda klinis atau barangkali hanya menunjukkan tanda-tanda samar penyakit.
F.Pencegahan dan Kontrol
Pemilik Kuda dapat mengurangi kemungkinan eksposur terhadap nyamuk dengan menerapkan hal berikut hama praktek manajemen:
• Jauhkan kuda selama periode puncak nyamuk aktivitas (senja dan fajar).
• Hindari menyalakan lampu pada petang dan malam hari. Nyamuk tertarik untuk lampu pijar. Lampu neon tidak menarik atau menolak nyamuk.
• Tempatkan lampu pijar sekitar 50 meter dari stabil untuk menarik nyamuk jauh dari kuda.
• Melarang merpati dan burung lainnya tinggal di atau dekat kandang.
• Secara berkala memeriksa properti itu untuk unggas yang mati, terutama gagak, Blue Jays, dan elang (elang dan burung hantu). Menangani burung mati hanya jika memakai pelindung sarung tangan, burung tempat dan dalam kantong plastik terikat.
• Hati-hati memeriksa properti Anda dan menghilangkan lokasi yang dapat menjadi alasan untuk berkembang biak nyamuk. Dangkal stagnan atau berdiri air,ban bekas, talang atap tersumbat, dan penyimpanan pupuk lubang adalah tempat ideal untuk berkembang biak nyamuk.
• Palung air bersih seminggu sekali dan memperhatikan untuk genangan air yang membentuk sekitar dan di bawah palung. Pertimbangkan untuk menggunakan batu atau lansekap untuk mengurangi atau menghilangkan kuku sidik jari, di mana nyamuk bisa berkembang biak.
• Stabil dapat tempat berkabut pada malam hari untuk
mengurangi jumlah nyamuk.
• Jangan biarkan air stagnan dalam bak mandi burung, mengarungi
kolam renang, gerobak, kolam hias, air
kebun, kolam renang dan dan mereka mencakup.

G.Pengobatan
Beberapa vaksin yang tersedia yang telah memenuhi USDA persyaratan keselamatan. Bila menggunakan sebagian besar vaksin saat ini, pertama kali kuda itu menerima vaksin, sangatlah penting bahwa serangkaian dua dosis diberikan sekitar 3 sampai 6 minggu terpisah. Tampaknya kuda tidak akan berkembang tinggi, mungkin pelindung, tingkat antibodi sampai mereka menerima "booster," atau
vaksinasi kedua dalam seri. Perlindungan Optimal terjadi 2 minggu setelah dosis kedua. Selain itu,
dosis kedua ini harus diberikan setidaknya 4 minggu sebelum nyamuk cenderung menggigit dan menginfeksi kuda. Vaksin ini memerlukan booster tahunan. Tergantung pada waktu tahun kuda itu divaksinasi dan adanya regional dari penyakit, dokter hewan mungkin merekomendasikan penguat diberikan dua kali tahunan.
Vaksin umumnya efektif dan direkomendasikan untuk mencegah West Nile ensefalitis. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa beberapa kuda tidak merespon dengan baik
untuk vaksinasi.
Pada saat sekarang, tidak ada vaksin yang diberi label untuk digunakan dalam kuda hamil di Amerika Serikat. Namun, vaksin telah dilisensi di Eropa untuk digunakan dalam kuda hamil. Selain itu, Jurnal Amerika Ikatan Dokter Hewan artikel oleh Vest, et al. menyimpulkan bahwa "vaksinasi kuda hamil
dalam setiap masa kehamilan tidak berhubungan dengan peningkatan insiden keguguran.

0 komentar:

Poskan Komentar

coment please!!!